Kamis, 11 April 2013

Biaya Kuliah di Jerman

Banyak yang bertanya, sebenarnya biaya kuliah di Jerman berapa sih? Atau pertanyaan yang sering muncul juga adalah, benar gak sih kalau kuliah di Jerman itu gratis? 
Kami akan mencoba membantu menjawab mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui informasi yang kami dapat berikut ini....

Dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Inggris dan Amerika, kuliah di Jerman bisa dikatakan jauh lebih murah. Tetapi bukan berarti tanpa biaya sama sekali. Saat ini hanya dua dari 16 negara bagian yang ada di Jerman yang masih menerapkan biaya kuliah.
Sejak Winter Semester 2006/2007 universitas-universitas yang ada di Jerman diperbolehkan untuk menerapkan biaya kuliah untuk program studi S1 (Bachelor). Di peta berikut bisa dilihat negara bagian mana saja yang masih menerapkan biaya kuliah mulai dari € 500,0 per semester: 



Biaya Kuliah Jangka Panjang:
Beberapa universitas akan meminta biaya sebesar kurang lebih 500,- per semester kepada para mahasiswa yang membutuhkan waktu 3 atau 4 semester lebih lama dibandingkan mahasiswa lainnya dalam menyelesaikan studi-nya.

Perkuliahan Pasca Sarjana:
Sebagian besar program Master menerapkan biaya kuliah persemesternya. Biayanya bervariasi antara 650,- hingga beberapa ribu Euro per semesternya. Selain dari biaya kuliah tersebut, para mahasiswa juga harus membayar iuran sosial dan administrasi di universitas masing-masing.

PERHATIKAN! Jangan tertukar antara biaya kuliah dengan iuran sosial dan administrasi. Iuran sosial dan administrasi tersebut tidak ada hubungannya dengan biaya kuliah dan begitu pula sebaliknya. Jumlah yang dikeluarkan untuk iuran sosial dan administrasi ini ditentukan oleh masing-masing universitas. Biaya ini digunakan untuk biaya administrasi di universitas masing-masing dan juga untuk iuran sosial yang diberikan selanjutnya untuk komite mahasiswa (AStA) dan juga Studentenwerk. Sebagai tambahan, banyak universitas yang juga membayar Semester Ticket dengan menggunakan iuran tersebut. Semester Ticket ini dapat digunakan untuk semua transportasi publik selama satu semester.


Source: www. study-in.de